Makalah Kasus Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Makalah Contoh Kasus SPK dalam Pemilihan Modem GSM

  1. Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat ” Zaman Batu ” teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.

Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah modem. Dalam rangka mengiringi kemajuan teknologi yang demikian pesat apalagi dalam dunia teknologi informasi modem sangatlah berperan penting sebagai media konversi. Baik konversi suara, data, sinyal dan lain-lain. Sekarangpun modem telah menjadi kebutuhan yang dianggap penting dalam kehidupan sehari-hari baik bagi perorangan maupun perusahaan.

Untuk itu dalam tugas Sistem Pendukung Keputusan untuk memenuhi syarat penilaian ujian tengah semester saya mengajukan contoh kasus pemilihan dalam pembelian modem GSM dengan alternatif dan kriteria yang telah ditentukan.

  1. Permasalahan

Permasalahan yang diangkat dalam kesempatan kali ini adalah “Pemilihan Modem GSM” yang nantinya akan menjadi prioritas barang yang akan dibeli setelah dilakukan proses pembandingan dengan menggunakan software Expert Choice. Untuk melakukan pemilihan modem GSM kriterianya meliputi :

ü  Harga (dalam ratus ribu)

ü  Kecepatan Download (dalam Mbps)

ü  Kecpatan Upload

ü  Berat (dalam gram)

ü  Garansi (dalam bulan)

Dari beberapa kriteria diatas yang menjadi prioritas utama dalam penentuannya adalah harga yang termurah, lalu kecepatan download dan upload yang cepat, sedangkan kriteria lainnya menjadi prioritas akhir.

Alternative modem yang disarankan meliputi :

ü  Huwawei E160

ü  ZTE MF190

ü  Sierra C308

Huwaei E169

ZTE MF190

Sierra C308

Harga

260K

200K

280K

Kecepatan Download

7.2 Mbps

7.2 Mbps

2.1 Mbps

Kecepatan Upload

384 kbps

5.76 Mbps

5.76 Mbps

Berat

200 gram

150 gram

100 gram

Garansi

12 bulan

8 bulan

10 bulan

  1. Hierarki Pemecahan Permasalahan

Untuk mempermudah dalam melakukan pemecahan masalah tersebut, berikut ini adalah hierarki yang menggambarkan kebutuhan yang ada terdiri dari tujuan, kriteria, dan alternatif.

  1. Pemecahan Masalah

Langakah-langkah analisis dengan menggunakan Expert Choice adalah sebagai berikut:

  1. Membuka software Expert Choice
  2. Klik File lalu New lalu klik Direct
  3. Isikan tujuan “Pemilihan Pembelian Modem”
  4. Lalu masukkan kriteria, untuk measukkan kriteria klik Goal lalu klik gambar hierarki seperti ini  . Kemudian masukkan kriteria-kriteria yang dipertimbangkan seperti harga, kecaptan download, kecepatan upload, berat, dan garansi. Tiap kriteria tulis definisi dari kriteria tersebut.
  5. Setelah semua kriteria sudah terisi buat alternatif, untuk membuatnya klik salah satu kriteria lalu klik gambar hierarki dan tulis alternatif tersebut seperti Huwawei, ZTE, dan Sierra.
  6. Langkah berikutnya jadikan seluruh alternatif ada dalam masing-masing kriteria. Lakukan peng-copyan tersebut dengan cara klik Edit-Replicate Children of Current Node hingga muncul option sebagai berikut :

Pilih “to all Leaves” sehingga akan memperoleh perintah konfirmasi peng-copyan lalu klik yes. Lalu akan tampil gambar sebagai berikut :

  1. Berikutnya melakukan pembobotan pada masing-masing kriteria dimana yang menjadi prioritas utama adalah kemurahan harga, lalu kecepatan download dan kecepatan upload, sedangkan kriteria berat dan garansi merupakan kriteria akhir. Untuk melakukan pembobotan tersebut caranya klik “Assessment-Data” isikan angka-angka pembobotan lalu klik “Calculate-Record” hingga tampil sebagai berikut :
  1. Lalu lakukan pembobotan pada masing-masing alternatif tiap kriteria dengan klik “Assessment-Data” lalu “Calculate-Record”.

Berikut hasil pembobotan dari harga :

Hasil pembobotan kecepatan download

Hasil pembobotan kecepatan upload

Hasil pembobotan berat modem

Hasil pembobotan garansi modem

  1. Setelah pembobotan pada masing-masing kriteria dan alternatif selesai langkah terakhir yaitu analisis tahap akhir yakni untuk melihat hasil keputusan dari data-dat yang telah dimasukkan, caranya klik “Synthesis-From Goal” akan diperoleh tampilan sebagai berikut:

Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa modem GSM yang menjadi peringkat utama dalam pemilihan tersebut adalah modem ZTE dengan tipe MF190. Lalu peringkat kedua dan ketiga adalah Huwawei

Semoga Bermanfaat ..🙂

untuk lebih lengkapnya silkan unggah ..

SILAKAN DOWNLOAD LINK DIBAWAH INI

Makalah Kasus Sistem Pendukung keputusan (SPK)

CARA DOWNLOAD:

klik link bertulis “Makalah Kasus Sistem Pendukung Keputusan (SPK)”

lalu akan masuk ke halaman lain lalu klik lagi link tersebut , lalu pilih save file atau open ,. file siap diunduh ..

5 thoughts on “Makalah Kasus Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

  1. thnx banget agan atas infonya, sangat bermanfaat sekali..
    agan punya aplikasi expert choicenya ga?klo ada ane minta dong..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s