RANGKAIAN BCD SEVEN SEGMENT

Haduuuuuhh dapet tugas tentang rangkaian BCD seven segment????

Untuk mahasiswa jurusan elektro pasti tenang-tenang aja karena itu makanan sehari-harinya ..hhheee🙂

Sedangkan aq mahasiswa jurusan Information Technology langsung cengoh mikirin tugas oleh bapak dosen tercinta untuk membuat rangakaian BCD seven segment .

Tau gag hayoowww  itu aph ????*kasiiii tau gag iaaa??? *

Wahhhh daripada banyak basa-basi ini nichhh langsung aq kasih contoh makalahnya. Jadi bisa saudara-saudara semua copy-paste kalau ada tugas *ehhhh *

oiyaaaa kalau ada salah-salah segenap keluarga penulis mengucapkan mohon maaf lahir dan batin *hloooh emenag lebaran *hhhiii

Maksudnya penulis minta maaf atas iniformasii yang penulis tuangkan disini . Penulis menerima kritik saran yang membangun dari para pembaca . Nuwunnn🙂

Ini nich makalahnya

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dekoder adalah suatu rangkaian kombinasional yang mengkonversikan informasi biner dari n jalur input ke jalur output. Nama dekoder juga digunakan untuk beberapa code conventer seperti mislanya BCD-to-seven-segment decoder.

Salah satu fungsi dari dekoder adalah mengkonversikan kode yang diberikan pada inputnya ke sinyal output yang eksklusif.  Angka-angka yang dimiliki pada BCD adalah 0 dan 1. Oleh karena itu dibuatlah suatu aplikasi dekoder sebagai up counter dimana inputan yang diberikan pada alat ini adalah bilangan BCD dan outputnya akan berupa bilangan desimal yang bias dilihat pada seven-segment display.

1.2  Tujuan

Tujuan dari pembuatan alat ini yakni sebagai media pelatihan dalam pembuatan suatu rangakain yang menggunakan seven-segment display sehingga dapat mempraktekannya, dapat membuktikan kebenaran antara inputan bilangan BCD terhadap output yang tampil pada seven-segment display, dan dapat mengetahui kegunaan dari berbagai jenis IC yang berperan dalam pembuatan alat ini sehingga dapat menambahkan pengetahuan.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Aplikasi IC Decoder 74LS47 Sebagai Up Counter

Salah satu aplikasi IC decoder adalah pencacah maju/naik. Dalam sistem ini digunakan IC 74LS73, IC555, IC 74LS00, dan IC 74LS47. Counter up yang dibuat memanfaatkan J-K flip-flop yang kami susun sebagai modulus 10 asyncron dimana clock dipasang secara serial, sehingga output dari flip-flop pertama akan mempengaruhi flip-flop yang ke-2.

Gambar Hardware

2.2 Cara Kerja Rangkaian

IC NE555 sebagai pembangkit pulsa yang akan menclock/mengaktifkan IC 74LS73 sebagai ic flip-flop yang digunakan sebagai pencacah biner. Ketika ic 74LS73 di clock ole hic NE555 ic ini k mulai mencacah dari 0000(B) atau 0(D) sampai 1001(B) atau 9(D), ketika IC 74LS73 mencacah sampai nilai 0101(B) atau 10(D) ic ini akan direset dengan memanfaatkan IC 74LS00 sebagai ic gerbang NAND. Untuk lebih jelas dapat dilihat dalam sekama berikut.

Gambar Skema Rangkaian

Saat IC 74LS73 menghasilkan output 0101 (A,B,C,D),IC7 4LS00 pada kaki 1 dihubungkan ke out D (keluaran bernilai “1”) dan kaki 2 dihubungkan ke out B (keluaran bernilai “1”)sehingga out dari gerbang NAND adalah 0, dan “0” ini akan mengaktifkan clear/ reset pada IC 74LS73 sehingga keluaran 0101(B) atau 10(D) tidak akan ditampilkan dan IC 74LS73 akan kembali pada kondisi awal yaitu 0000, sehingga system ini hanya akan menampilkan hitungan dari 0 s/d 9.

Variable resistor pada IC 555 digunakan untuk mengatur timing /cepat lambatnya pulsa yang dikeluarkan, perubahan kecepatan clock ditunjukkan oleh dot pada seven segmen. Semakin rendah nilai resistansi VR maka akan semakin cepat perubahan yang terjadi.

2.3  Jenis-Jenis IC

2.3.1 IC 74LS73

Merupakan ic Dual Negative- Edge-Triggered Master Selve J-K Flip-flop. Didalam IC ini terdapat 2 buah j-k flip-flop. Dalam system yang kami buat ic ini digunakan sebagai ic pencacah biner.

Gambar Diagram IC 74LS73

2.3.2  IC 74LS00

Merupakan ic gerbang NAND yang didalamnya terdapat 4 buah gerbang NAND. Dalam system yang kami buat ic ini kami gunakan sebagai gerbang untuk mengaktifkan clear/reset pada ic 74ls73 sehingga ic 74ls73 hanya menampilkan output 0000 s/d 1001, ketika 0101 kondisi ic 74ls73 kembali pada kondisi awal yaitu 0000.

Gambar Diagram IC 74LS00

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3.3  IC Decoder 74LS47

Gambar Konfigurasi PIN IC 74LS47

Ic ini berfungsi untuk mengolah nilai inputan biner yang dihasilkan ole hic 74ls73 menjadi output decimal yang akan ditampilkan kedalam display seven segmen.

Output pada ic ini ketika output bernilai 6 maka pada display seven segmen akan tampil seperti huruf “b” dan ketika output bernilai 9 maka tampilan pada seven segmen akan seperti huruf “q”. Hal ini dikarenakan sipembuat merancang ic 74ls47 ini demikian. Berikut adalah output yang akan ditampilakn ic 74ls47 pada seven segmen.

Gambar output IC 74LS47 pada seven segmen

2.3.4  IC 555

Ic ini berfungsi untuk menclock ic 74ls73. Keluaran clock dari ic 555 dapat diatur dengan memutar variable resistor, semakin besar nilai resistansi VR maka akan semakin lambat keluaran yang dihasilkan, dan semakin lamabt pula ic 74ls73 mencacah bilangan biner.

Gambar konfigurasi Pin IC 555

Dalam system ini ic 555 kami set sebagai multivibrator astabil. Frekuensi keluaran dari ic ini dapat dihitung dengan rumus :

Gambar operasi astabil IC 555

2.3.5  IC 7805

Ic ini berfungsi sebagai regulasi tegangan input menjadi tegangan output sebesar 5V, dengan kemampuan arus maksimal 1 Amphere. Sehingga berapapun besar tengan yang dimasukkan kedalam ic ini outputnya akan selalu 5V. pemberian arus yang berlebih pada ic ini akan menyebabkan ic ini mudah panas.

Gambar konfigurasi PIN IC 7805

Pada kaki ground dalam system yang kami buat terdapat diode dengan kemampuan menahan arus sebesar 1 amphere dengan tujuan agar output ic ini benar- benar 5V, namun pada realnya output dari ic ini adalah 5,1V (dengan pemasangan diode pada kaki ground).

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Rangkaian BCD-to-seven-segment decoder adalah rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkonversi bilangan BCD menjadi bilangan desimal. Alat ini menggunakan sebuah IC Decoder yang untuk menampilkan kode-kode biner menjadi tanda-tanda yang dapat ditanggapi secara visual di dalam sebuah Display.

Rangkaian ini disertai dengan 4 buah Switch yang digunakan untuk menentukan masukan (input) yakni berupa bilangan BCD (Binary-Coded Decimal). Rangkaian ini juga disertai dengan sebuah 7 Segment Display yang berfungsi sebagai output dari rangkaian ini, yakni berupa bilangan/ angka dalam bentuk desimal.

Naaahhh gamabarnya gag nongol kan ???

neeee penulis yang baik hati akan mengupload makalahnya biar bisa pada download semua *hlaaaahhh kok PD :)*

ini yaaaaa lgsung download LINK.nya   LAPORAN TEKNIK DIGITAL

3 thoughts on “RANGKAIAN BCD SEVEN SEGMENT

  1. kak boleh minta file proteus nya ? aku dapet tugas proteus BCD 7 segment tapi bingung buatnya nih😦 makasih😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s