Media Campaign

aduuuuhh pusing dech cari-cari makalah yang mengulas tentang media campaign. Apa tow sebenarnya media campaign ituuuu… Mencoba bertanya ke mbah google hasil tidak cukup memuaskan tapiiiiiii… Belajar memahami dari ilmu yang ada telah saya simpulkan dalam sebuah makalah Medi Campaign

====================================================================================

Pengertian

Media campaign adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi suatu tujuan tertentu. Tujuan umum dari suatu media campaign adalah untuk meningkatkan deteksi dan pelacakan kampanye media secra otomatis di internet, televisi, dan pers. Hal ini akan mengarah pada kasus bisnis baru dalam pemantauan media dan analisis, dan dampak positif sektor media monitoring Eropa. Media sosial seperti Facebook dan Twitter telah menjadi media dialog yang riuh antara perusahaan dengan konsumen, hal yang sama juga berlaku bagi pemegang jabatan politik. Pejabat publik sangat tergantung terhadap persepsi konstituen sehingga menjaga akurasi informasi dan kedekatan nformasi terhadap publik akan menjaga citra politiknya.

Transparansi dan Kredibilitas

Salah satu politisi yang cukup aktif menggunakan media sosial adalah Joko Widodo yang menggunakan Facebook sebagai saluran komunikasinya dengan warga Solo. Ketika Jokowi kemudian mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Jakarta, Facebooknya juga diarahkan sebagai media kampanye yang cukup efektif untuk mempublikasikan gagasannya. Salah satu kutipan terakhir yang muncul di postingannya adalah “Pemimpin enggak usah pinter-pinter. Setiap program harus dicek setiap hari sehingga mereka kerja merasa dikawal setiap hari“. sebuah kalimat ciri khas karena Jokowi Juga terkenal sebagai walikota yang senantiasa turun ke bawah. Selain Jokowi, Banyak figur lain yang mengoptimalkan sosial media sebagai medium kampanye, inilah ruang dimana para pejabat yang di gambarkan sebagai sosok elitis bisa berinteraksi dengan masyarakat bawah.

Media sosial merupakan medium informasi yang sangat transparan, dan transparansi inilah yang seharusnya bisa dioptimalkan oleh para politisi dan pejabat publik. Media sosial mampu memberikan informasi yang update dan pribadi kepada publik yang mengikuti trending sang politisi, hal yang kadang terlambat di tangkap oleh para jurnalis dan awak media. Oleh karena itu, diperlukan sebuah kerelaan untuk berbagi kepada publik, berbagi aktifitas dan berbagai foto kegiatan akan membuat kredibilitasnya terus terjaga. Selain itu, media sosial juga cukup efektif untuk menghalau isu negatif dan sensitif, tanpa harus menunggu konferensi pers para politisi bisa langsung memposting jawabannya dan di share ke publik. Profile di sosial media ibarat media komunikasi yang personal, intim, dan tanpa filter.

Target Maksimal dengan Biaya Minimal

Secara target, sosial media bisa menjangkau khalayak yang cukup luas, meskipun jangkauannya tidak seluas media televisi yang dengan mudah di lihat dan di dengar. Selain itu, media sosial membutuhkan tingkat awareness publik tentang teknologi internet maupun selular, sehingga jangkauannya cenderung mengarah pada kelompok-kelompok kelas menengah. Namun seringkali media telah menjadi sebuah konvergensi, dimana trending topic di sosial media bisa menjadi isu hangat di televisi.

Dalam perkembangan dunia politik dengan kesadaran pemilih yang semakin tinggi, media sosial selain bisa dioptimalakan sebagai media komunikasi juga bisa dioptimalkan sebagai media pengumpul dana kampanye. Sumbangan dana kampanye memang masih cenderung hal yang tabu di peta politik Indonesia karena kandidat cenderung gengsi dan cenderung berpraktek money pollitic.Praktek pengumpulan dana yang sangat optimal dalah ketika Barack Obama maju sebagai kandidat Presiden Amerika Serikat.

Pengintegrasian Media Kampanye

Komunikasi yang efektif adalah suatu keharusan bagi manajemen kampanye yang efektif berupa sosialisasi program tertentu. Media harus mempunyai karakter untuk melakukan penguatan jaringan komunikasi baik itu normal juga alternatif dengan memiliki konektivitas nirkabel dari pusat desk kampanye, fasilitas videoconference, telepon satelit, dan layanan sms gateway. Radio komunitas bisa menjadi newsroom untuk itu dalam menyediakan komunikasi alternatif untuk melakukan kampanye dalam program tertentu.

Sistem yang menyusun sistem kampanye ini terintegrasi, diantaranya online website, SMS Gateway dan media sosial lainnya. Sedangkan metode perancangan sistem yang digunakan adalah Horizontal Integration, yaitu dengan menggabungkan komponen sub-sub sistem ke dalam satu sistem dan menjamin fungsi-fungsi dari sub sistem tersebut sebagai satu kesatuan sistem. Model ini lebih menawarkan fleksibilitas dan menghemat biaya integrasi, karena yang perlu difokuskan dalam implementasi proses pengintegrasian. Untuk menangani ekspansi kampanye hanya perlu diimplementasikan di layer, dan sub sistem baru yang akan menangani interface dari proses kampanye tersebut akan berkomunikasi langsung untuk sub sistem lain yang memerlukannya.

Mikroblog

Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Seperti media Sosial dibaah ini yang dapat dijadikan media campaign

Pesan Instan

Pesan instan adalah sebuah teknologi internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama. Pesan instan seperti Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger menyediakan fasilitas penulisan teks pembaharuan yang bisa disebut pesan pribadi (personal message).

Ketiker

Ketiker adalah sebuah situs web jejaring sosial dan mikroblog dengan teks tulisan yang dibatasi sampai 200 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna dan dapat mengirim pesan kepada pengguna lain. Ketiker memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca berbasis teks posting dan berbagi gambar dan video. Semua usia mulai dari anak anak hingga dewasa dapat registerasi/bergabung di Ketiker karena Ketiker tidak memandang usia penggunanya.

Twitter

Twitter adalah suatu situs web layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan teks pembaharuan dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS (Short Message Service), pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific, Twitasari dan Twitbin.

Plurk

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim teks pembaharuan melalui antarmuka web, pesan singkat atau cara lain dengan panjang maksimum 140 karakter. Teks pembaharuan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaharuan yang diterima dengan urutan kronologis dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan atau pesan singkat.

Facebook

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang sedang marak dilakukan di dunia maya. Banyak aplikasi yang bisa pengguna lakukan. Salah satunya adalah menulis teks pembaharuan yang bisa ditulis oleh pengguna yang memiliki akun dan dilihat oleh pengguna yang tentunya juga memiliki akun Facebook.

Catchfriend

Catchfriend situs web jejaring sosial murni buatan programmer Indonesia yang dibuat untuk mengimbangi popularitas Facebook. Secara umum fitur web ini sama dengan Facebook, namun mengurangi beberapa fitur Facebook, dan menambahkan fitur-fitur yang berbeda (belum ada di FB). Untuk Anda yang susah menghafal nama domain Catchfriend saat akan mengetikkannya di URL, Anda dapat mengakseskannya melalui http://www.rencang.com.

Untirta Network

Untirta Network adalah situs web yang ditujukan untuk seluruh Civitas Academica Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Namun tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja yang ingin bergabung dan mencari teman di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

===================================================================================

Cukup sekian ya , semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s