Interaksi Manusia Dan Komputer

ini nichhhh hal yang menyangkut sedikit banyak tentang interaksi manusia dan komputer yang didapat dari mbah google dengan format PDF🙂🙂

=====================================================================================

Ilmu IMK : ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

IMK : sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

Tujuan IMK : untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.

Prinsip kerja komputer = input -> proses -> output

Beberapa model IMK, diantaranya:

1. Command line interface (perintah baris tunggal), contoh : unix, linux, dos

KARAKTER:

  • Cocok untuk perintah berulang
  • Lebih tepat untuk pengguna yang ahli
  • Menyediakan akses langsung pada fungsi sistem
  • Baris perintah harus mempunyai makna/arti

Untuk meminimalkan masalah:

  • Pilih kata kunci yang mudah diingat
  • Menggunakan format perintah yang konsisten
  • Sediakan pesan2 yang jelas

2. Menu (menu datar dan menu tarik), contoh : hampir semua software menggunakan menu

KARAKTERISTIK:

  • Sekumpulan pilihan tampil di layar
  • Pilihan tampil sesuai permintaan
  • Dipilih dengan menggunakan mouse,kode bilangan/huruf
  • Pilihan dikelompokkan secara urut : sangat penting membuat pengelompokan yang baik

Ada 2 macam menu: menu datar, dan menu tarik

Kelebihan:

Mememrlukan sdikit pengetikkan, beban memori manusia rendah, struktur terdefinisi dengan baik, perancangan mdah, tersedia banyak tool

Kekurangan:

seringkali lambat, memakai ruang layar, memakan banyak memori, tidak cocok untuk dialog inisiatif pengguna

3. Natural language (bahasa alami), contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) bahasa Pascal

Karakter:

  • Jika dialog berbasis perintah tunggal instruksinya sangat dibatasi oleh sintaksis yang digunakan
  • Dengan bahasa alami, pengguna dapat memberikan instruksinya dengan kalimat – kalimat yang lebih manusiawi.
  • Kata-kata/ bahasa sehari-hari bisa digunakan, seperti DISPLAY ALL dalam dBase

Masalah: ketidakjelasan, dan bermakna ganda(ambigu)

Solusi: dicoba u/ mengerti komunitas pemakai

4. Question/answer and query dialogue, contoh : mysql, dbase interaktif, dll

    Karakteristik:

  • Cocok untuk pengguna pemula
  • Selalu digunakan dalam sebuah sistem informasi
  • Bahasa query digunakan untuk menyusun informasi yang akan ditampilkan dari database berdasarkan jawaban dari proses tanya jawab tersebut
  • Efektifitas penggunaannya tergantung pada pemahaman struktur database, bahasa pemrograman dan pembuatnya.

5. Form-fills and spreadsheets, contoh : excel, lotus, dll

Karakter Formulir Isian:

  • Sebagai dasar untuk pendataan
  • Layar berbentuk formulir
  • Data diinputkan pada kolom-kolom yang telah tersedia
  • Perlu rancangan yang baik dan ada fasilitas perbaikan (koreksi)

        Karakteristi SpreadSheet:

  • Formulir isian dengan beragam variasi
  • Ada sel-sel yang dapat diisi data atau formula(rumus)
  • Rumus dapat berisi nilai yang melibatkan isi sel-sel yang lain, misal penjumlahan dalam 1 kolom
  • Pengguna dapat mengisi dan mengganti data namun lembar kerja tetap akan konsisten dengan perubahan tersebut, sehingga hasilnya tetap benar sesuai rumus yang telah ditentukan.
  • Contoh : Visicalc, Q-Pro, Lotus 123, Excel

6. WIMP
– Windows Icon Menu Pointer
– Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Perancangan berpusat pada pengguna memerlukan :
1. Berfokus pada ketrampilan user
Mendukung pencapaian tujuan dan sasaran yang diinginkan
2. Mengembangkan kriteria penggunaan secara spesifik
Identifikasi dokumen dan penggunaannya secara khusus dan harapan pengguna yang berpengalaman, dan lakukan ”uji regresi penggunaan”
3. Gunakan aturan yang terukur
Reaksi user dan skenario penggunaan petunjuk, simulasi, dan prototipe diawasi, dicatat dan dianalisa terhadap pengguna lain
4. Berulang
Nothing is perfect first time. Rancang, bangun, evaluasi dan kemudian rancang ulang, bangun kembali, re-evaluasi

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Istilah HCI (Human Computer interaction) mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

HCI: ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena disekitarnya, agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.

Tujuan:

  • User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software

atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah
kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program
tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula, mudah dipelajari, memiliki tampilan yang bagus

  • WYSIWYG (what you see is what you get)
  • Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
  • Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

Aspek2 HCI:

 

  • Use and context of computers ( U)
  • Human characteristic (H)
  • Computer system and interface architectur (C)
  • Development proses ( D)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s