Proposal: Contoh Perancangan JarKom Hotel

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi, serta kebutuhan manusia akan mobilitas dan fleksibilitas terhadap suatu permasalahan pekerjaan yang tinggi. Menuntut peran sebuah teknologi untuk menjawab semua permasalahan tersebut. Untuk mendukung teknologi informasi dalam pengiriman informasi maka dibutuhkan teknologi telekomunikasi dalam mengkomunikasikan antar komputer satu dengan lainnnya. Adapun Teknologi telekomunikasi tersebut adalah Jaringan Komputer.

Penggabungan teknologi informasi dan telekomunikasi sangat berpengaruh terhadap sistem komputer sehingga terjadi pergeseran dari komputer terpusat menjadi jaringan komputer dimana tugas-tugas komputasi ditangani oleh banyak komputer yang terpisah-pisah tetapi dapat saling berkomunikasi dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut.

Terkadang dalam perhotelan saat ini sistem kerjanya masih menggunakan sistem manual yang mengakibatkan kurangnya efisisensi kerja karyawan. Sehingga dalam proses pelayanan terhadap konsumen juga ikut terpengaruh, misal terjadi kesalahan dalam mencatat transaksi, kesulitan dalam pengecekan keluar masuk konsumen, kondisi persediaaan kamar dan sebagainya.

Oleh karena itu penulis mengajukan suatu usulan dalam perancangan jaringan komputer di perhotelan. Dimana dari perancangan yang diusulkan kegiatan reservasi hotel yang dilakukan oleh pihak hotel dapat dilakukan lebih cepat. Sehingga para tamu hotel tidak perlu berlama-lama dalam mengurus reservasi.

1.2  Tujuan

Perancangan jaringan komputer perhotelan yang ditawarkan memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberikan kemudahan bagi user, baik itu pegawai hotel maupun calon tamu, dan tamu yang hendak menginap pada hotel tersebut.
  2. Menggunakan prosedur yang sederhana dan diharapkan sudah mencakup segala kebutuhan, sehingga kegiatan reservasi dapat berjalan dengan baik.
  3. Memberikan fasilitas hotspot untuk para tamu hotel.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1    Rencana Pelaksanaan

Pada perancangan jaringan komputer perhotelan tawaran yang diajukan menggunakan web service dalam pengaksesan dari klien ke server. Pada sistem ini, klien melakukan permintaan data kepada server. Kemudian server akan melakukan eksekusi. Setelah dieksekusi, hasilnya akan dikembalikan kembali ke klien.

Klien yang terdiri dari tiga pengguna yaitu operator admin, resepsionis dan klien, akan melakukan permintaan data ke server web. Kemudian serverweb tersebut akan menghubungi webservice menggunakan protokol SOAP. Setelah di eksekusi di sisi server, maka hasilnya akan dikembalikan kembali untuk dimunculkan di klien. Berikut penulis paparkan skema perancangan sistem yang ditawarkan.

2.2    Rancangan Jaringan Komputer

Suatu penelitian yang dilakukan terhadap hotel yang memiliki luas kesulurahan kurang lebih 4 hektar terdiri dari dua lantai dengan total kamar yang dimiliki hotel empat puluh kamar. Dari empat puluh kamar tersebut dua puluh lima kamar berada di lantai satu dan lima belas kamar lainnya berada di lantai dua.

Fasilitas yang diberikan untuk para tamu hotel adalah adanya area hotspot di lingkungan hotel. Luasnya lokasi hotel menjadikan bahan pertimbangan untuk membuat empat titik utama area hotspot, area tersebut terletak pada lobby, taman, kolam renang, ruang fitness center, dan restoran. Selain itu para tamu hotel juga dimanjakan dengan dapatnya pengaksesan internet di dalam kamar dengan menggunakan jaringan lokal yang dihubungkan menggunakan kabel.

Hal perancangan jaringan komputer diperlukannya suatu diagram konteks sebagai penjelas. Berikut gambaran diagram konteks yang penulis tawarkan untuk kegiatan reservasi di hotel.

2

Penjelasan dari diagram tersebut, proses awal adalah pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu. Setelah selesai melakukan pemesanan kamar, maka tamu akan mendapatkan bukti pemesanan kamar yang bisa dicetak. Langkah selanjutnya adalah proses pembayaran tamu ke bank yang kemudian bank akan memberikan informasi ke dalam sistem reservasi hotel tersebut. Resepsionis disini bertugas untuk mendapatkan informasi mengenai pembayaran tersebut. Kemudian menampilkan data kamar dan pembayaran yang sudah terjadi. Selain itu juga melakukan cek status cek in dan cek out pada tamu.

2.3   Anggaran Biaya

Analisa kebutuhan dalam perancanagn jaringan hotel meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Analisa kebutuhan perangkat keras (hardware):

No Nama Barang Jumlah Harga Total
1 PC Server 2 Rp 4.000.000 Rp 8.000.000
2 PC Resepsionis 3 Rp 3.000.000 Rp 6.000.000
3 Switch Hub 24 Port Gigabit Rackmount TP-Link TL-SG1024 3 Rp 900.000 Rp 2.700.000
4 Switch Hub 8 Port Gigabit Rackmount TP-Link TL-SG1008 2 Rp 305.000 Rp 610.000
5 Linksys Wireless-N Access Point WAP610N-SG 3 Rp 1.000.000 Rp 3.000.000
6 VoIP Phone Yealink SIP-T20 2 Rp 700.000 Rp 1.400.000
7 IP Phone Escene Entry Level IP Phone (US-102) 40 Rp 650.000 Rp 26.000.000
8 Router Maxspeed – PC Router 1 Rp 3.050.000 Rp 3.050.000
9 Kabel UTP cat 5E 1 Rp 1.100.000 Rp 1.100.000
10 Kabel STP cat 1 5 Rp 100.000 Rp 500.000
11 Konektor RJ-45 1 Rp 150.000 Rp 1500.000
12 Konektor RJ-11 2 Rp 110.000 Rp 220.000
13 Crimping Tools 2 Rp 250.000 Rp 500.000
Rp 54.580.000
  1. PC server
  • Processor AMD Phenom II X4 350 4.0 Ghz
  • Motherboard MSI 760GM-P33
  • Harddisk SATA 320Gb
  • RAM 4Gb
  • DVD R/W
  • LED Monitor 16”
  • Mouse USB Optical
  • Keyboard USB
  • PSU 400w
  • Casing
  1. PC resepsionis
  • Processor AMD Athlon II X2 250 3.0 Ghz
  • Motherboard MSI 760GM-P33
  • Harddisk SATA 80Gb
  • RAM 4Gb
  • DVD R/W
  • LED Monitor 16”
  • Mouse USB Optical
  • Keyboard USB
  • PSU 350w
  • Casing

Analisa kebutuhan perangkat lunak (software):

  1. Sistem opearsi Windows XP
  2. Sistem Operasi Linux-Ubuntu
  3. Sistem Operasi Linux-Debian
  4. MySql

2.4    Instalasi Jaringan Komputer

Berikut gambar jaringan perhotelan pasca instalasi

3

Keterangan dari gambar penulis uraikan sebagai berikut:

  1. 2  PC server (DHCP dan Database)
  2. 3 PC resepsionis
  3. 3 Switch 24 port
  4. 2 Hub 8 port
  5. 3 Linksys Access Point
  6. 2 VoIP Phone
  7. 40 Ip Phone
  8. 1 Router
  9. 1 box kabel UTP cat 5E (305m)
  10. 5 box kable STP / kabel telepon (@100m)
  11. 1 box rj-45 (100pcs)
  12. 2 box rj-11 (@100pcs)

2.1    Perawatan Jaringan Komputer

Bilamana instalasi jaringan pada hotel sudah dinilai beroperasi secara optimal, maka diperlukannya suatu pemeliharan atau perawatan terhadap jaringan. Dari tawaran proposal yang diajukan penulis perawatan meliputi pemeriksaan berkala terhadap sistem secara keseluruhan, seperti kapasitas harddisk yang masih tersisa, backup secara berkala, kecepatan akses jaringan, kondisi server, kondisi terminal, dan temperature ruang.

Perkembangannya penambahan atau pemindahan terminal dapat dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan dari pihak hotel. Jika jarak kabel mencapai jarak maksimum karena adanya pengembangan atau penambahan peralatan dalam satu segmen jaringan, maka perlu ditambahkan perangkat keras inter-jaringan seperti repeater untuk memperkuat sinyal yang ditransmisikan melalui kabel tersebut.

BAB III

PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Demikian proposal ini penulis buat, dari proposal berikut dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Program dapat digunakan sebagai alat bantu untuk meningkatkan kinerja administrasi di bagian reservasi.
  2. Sistem informasi perhotelan dapat membantu pengguna, khususnya karyawan bagian reservasi untuk mengolah data guna menyelesaikan tugas dan tanggung jawab.
  3. Dapat memanjakan para tamu hotel dengan fasilitas hotspot yang diberikan, serta cepatnya kegiatan reservasi yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s